October 26, 2024

Pada Senin, 14 Oktober 2024, dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan menghadiri acara talkshow bertajuk “Generasi Muda dan Tantangan Keterbatasan Lahan Perkotaan: Peran Penyediaan Lahan dalam Menciptakan Ruang Hidup yang Berkualitas”. Acara ini berlangsung di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Classroom C2, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2024, dengan fokus pada keterlibatan generasi muda untuk masa depan perkotaan yang lebih baik. Tema utamanya adalah “Engaging Youth to Create a Better Urban Future & Youth Leading Climate and Local Action for Cities”.

Beberapa narasumber terkemuka turut berpartisipasi dalam acara ini, termasuk:

  1. Retno Widodo Dwi Pramono, ST, M.Sc., Ph.D. – Dosen PWK, Universitas Gadjah Mada
  2. Tizar Muhammad Kautsar Bijaksana, ST, MT – Dosen SAPPK, Institut Teknologi Bandung
  3. M. Iqbal Halim – Ketua Himpunan Mahasiswa PWK

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh dua dosen dari Program Studi Teknik Lingkungan, yaitu Trisno Fallo, S.Hut., M.Sc. dan Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd., M.Sc.. Dalam diskusi, Trisno Fallo memberikan perspektif terkait pentingnya pengelolaan lahan secara berkelanjutan di lingkungan perkotaan khususnya pada masalah pengelolaan sampah yang dihadapi.

Acara berlangsung dengan suasana interaktif dan penuh antusiasme. Para mahasiswa aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber mengenai solusi inovatif dalam menghadapi keterbatasan lahan dan menciptakan ruang hidup yang berkualitas. Selain mendapatkan wawasan baru, para peserta juga menerima e-sertifikat dan goodie bag sebagai apresiasi atas partisipasi mereka.

Acara ini menekankan peran strategis generasi muda dalam pembangunan berkelanjutan dan mengajak peserta untuk turut serta dalam menjaga lingkungan dan menciptakan masa depan perkotaan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *