Kunjungan serta Pembelajaran Lapangan ke Pusat Studi Lingkungan Hidup dan Toya Gama Universitas Gadjah Mada

Kegiatan kunjungan dan pembelajaran lapangan merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai suatu objek dan prosesnya. Kunjungan ke suatu objek tertentu dapat menjembatani ilmu pengetahuan yang dipelajari di kelas dengan experiential learning. Oleh karena itu, mahasiswa program studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Proklamasi 45 melakukan kunjungan ke Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) dan Toya Gama, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada hari Rabu dan Kamis (16-17 Oktober 2019).

Pada hari Rabu (16/10/2019), mahasiswa program studi Teknik Lingkungan mengunjungi Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM, didampingi oleh dosen program studi Teknik Lingkungan, Putri Ratna Setyowati, S.Pd., M.Sc. Mahasiswa mempelajari dokumen-dokumen AMDAL yang tersedia di Perpustakaan PSLH dibimbing oleh dosen.

Kamis (17/10/2019), mahasiswa program studi Teknik Lingkungan mempelajari proses dan teknologi yang ada di Toya Gama UGM, dipandu oleh Danang Aji Kurniawan, selaku supervisor Toya Gama. Mahasiswa mempelajari secara langsung proses, teknologi, dan  kebutuhan energi dalam sistem penyediaan air minum (SPAM). SPAM Toya Gama merupakan upaya penyediaan air minum secara mandiri dan menjadi inisiator dalam menekan laju ekspansi air minum produk asing. Kunjungan tersebut didampingi oleh Putri Ratna Setyowati, S.Pd., M.Sc. dan Andri Prasetyo Nugroho, S.Si., M.Sc., dosen program studi Teknik Lingkungan. Tercetus ide dari mahasiswa, mahasiswa mempunyai pemikiran untuk membangun SPAM mandiri di kampus Universitas Proklamasi 45.