April 17, 2024

Sabtu sampai dengan Ahad, 26-27 Oktober 2019, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), Universitas Proklamasi 45 menyelenggarakan Fun Camp dan Penanaman Pohon dengan tema “Oksigen untuk Negeri” di Kali Kuning Park I, Cangkringan, Sleman. Kegiatan ini disponsori oleh Enviro Gy dan CV. Mulya Jaya. Kegiatan Fun Camp dan Penanaman Pohon diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 dari program studi Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Proklamasi 45. Pada hari Sabtu, 26/10/2019, sebelum menuju Kali Kuning Park I, Fauzi M. Munir, selaku ketua panitia, memberikan penjelasan mengenai kegiatan tersebut kepada seluruh peserta. Selanjutnya, Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, M. Noviansyah Aridito, S.Pd., M.Sc., memberikan arahan sekaligus melepas rombongan menuju lokasi.

Fun Camp kali ini diisi berbagai acara mulai dari sesi motivasi, fun game, sesi keorganisasian, dan kesenian. Sesi motivasi dan program studi diisi oleh dosen-dosen dari Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan Teknologi Informasi. Sesi fun game, keorganisasian, dan kesenian dipandu dan diisi oleh panitia/pengurus HMTL. Cahyo Widodo, Ketua HMTL periode 2018-2019, dalam sesi keorganisasian menyampaikan bahwa “Dengan kegiatan ini, mahasiswa Teknik Lingkungan dan Teknologi Informasi angkatan 2019 dapat mengintrospeksi diri akan kelemahan-kelemahan yang mereka miliki dan memahami bahwa mereka harus merubah kelemahan tersebut menjadi kekuatan. Mereka pun menjadi paham makna sebuah kepemimpinan dengan pemberian contoh konkret dalam pelaksanaan acara Fun Camp. Tak hanya itu, mereka juga mendapat pengetahuan tentang cara mencintai alam, khususnya vegetasi yang ada di Taman Nasional Gunung Merapi.”

Ahad, 27/10/2019, panitia dan peserta Fun Camp melakukan penanaman pohon di kawasan Umbul Lanang, Cangkringan, Sleman. Kebahagian dan kepuasan dipancarkan oleh seluruh panitia dan peserta, karena telah melakukan salah satu aksi nyata dalam mencintai dan melestarikan alam ini.

Universitas Proklamasi 45, untukmu Indonesia

Salam hijau bumi nusantara, lestari