May 22, 2024

(Artikel ini telah terbit di https://www.krjogja.com/, dengan judul “Kolaborasi Bareng DLH Bantul, UP 45 Gelar Pameran Teknik Lingkungan di PSG”, tautan: https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/kolaborasi-bareng-dlh-bantul-up-45-gelar-pameran-teknik-lingkungan-di-psg/)

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 (UP 45) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul berpartisipasi dalam acara Bantul Creative Expo di Pasar Seni Gabusan (PSG) selama 5 hari yaitu pada Kamis-Senin, 21-25 Juli 2022. UP 45 unjuk hasil penelitian dalam upaya menangani persoalan sampah yang jadi isu penting belakangan ini.

Rektor UP 45 Dr. Benedictus Renny See, mengungkap keikutsertaan salah satu prodi dalam kegiatan Bantul Creative Expo merupakan upaya mendekatkan universitas pada masyarakat.

Menurut dia, penelitian atau hasil karya kampus harus dikenalkan lebih dekat pada masyarakat melalui hal-hal menarik agar muncul minat lebih untuk ikut serta menerapkan hal-hal baik dalam hidup sehari-hari.

“Program Studi Teknik Lingkungan dan beberapa mahasiswa Teknik Lingkungan secara langsung turun ke lapangan untuk memberikan sosialisasi dan informasi serta sekaligus memperkenalkan teknologi yang disiapkan oleh Universitas Proklamasi 45 dalam rangka untuk menangani sampah. Kami di UP 45 memiliki konsern untuk ikut mengurai persoalan sampah,” ungkap Benedictus, Jumat (22/7/2022).

Di sisi lain, Pameran Teknik Lingkungan UP 45 di Bantul Creative Expo menjadi ruang memperkenalkan kampus pada masyarakat.

Selain pameran karya, Program Studi Teknik Lingkungan UP 45 juga memberikan gratis pendaftaran dan beasiswa penuh kepada pengunjung yang berminat kuliah di bidang lingkungan.

Sementara, Muhammad Noviansyah Aridito, Ketua Program Studi Teknik Lingkungan UP 45 menambahkan timnya memberikan pemaparan beberapa teknologi dalam bentuk video dan leaflet kepada masyarakat yang isinya hasil riset dosen dan mahasiswa.

Salah satunya yakni teknologi termal pirolisis (mengolah sampah plastik organik, residu menjadi minyak. Kemudian super komposter (komposter cepat yang bisa memproses kurang dari 5 jam), tempat dustbin (tempat sampah pintar), dan teknologi gasifikasi (mengolah sampah menjadi energi listrik).

“Kami juga sematkan papan tanda tangan bagi pengujung serta papan berisi tulisan Setiap Langkahmu Berarti Bagi Bumi dimana pengunjung bisa menuliskan langkah sehari-hari yang sudah dilakukan sebagai bukti mensukseskan gerakan Bantul Bersama Bersih Sampah 2025,” pungkas dia. (Fxh)

Artikel ini telah terbit di https://www.krjogja.com/, dengan judul “Kolaborasi Bareng DLH Bantul, UP 45 Gelar Pameran Teknik Lingkungan di PSG”, tautan: https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/kolaborasi-bareng-dlh-bantul-up-45-gelar-pameran-teknik-lingkungan-di-psg/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *