March 29, 2024
https://www.instagram.com/p/CDNZ6uHJb38/?igshid=1nx8vi4olht1b

Salam Lestari🍃
Buat kalian yang binggung kok sampah bisa diubah jadi listrik?nah Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 punya Teknologinya loh.
Mau tau caranya bagaimana?okey simak dibawah ini⬇️

1.Pilah Limbah Biomassa
Limbah biomassa ini mempunyai berbagai jenis yaitu limbah biomassa pertanian,perternakan dan sampah organik (kebun)

2.Konversi Termokimia melalui Teknologi Gasifikasi setelah memilah limbah biomassanya,pembakaran termokimia gasifikasi merupakan teknologi yang melibatkan reaksi kimia dalam menghasilkan bahan bakar Syngas.Pada proses Gasifikasi ini, biomassa diproses menjadi biochar dan dibakar dengan udara terbatas pada suhu di atas 900 C, sehingga gas yang dihasilkan sebagian besar mengandung hidrogen, karbonmonoksida, dan sedikit metana. Gas-gas tersebut kemudian direaksikan lagi dengan oksigen (diperoleh dari udara) sehingga dihasilkan panas dari pembakaran tersebut. Keuntungan proses gasifikasi adalah lebih efisien dan bersih sehingga dapat digunakan untuk bahan bakar genset.

3.Gas fuel (Syngas)
Bahan bakar gas adalah semua jenis bahan bakaryang berbentuk gas, biasanya bahan bakar gas ini termasuk golongan bahan bakar fosil. Namun dari proses gasifikasi diperoleh syngas yang mirip dengan bahan bakar gas dari limbah biomassa

4.Generator
Setelah diisi bahan bakar syngas dari limbah biomassa lalu generator (genset) mengubahnya menjadi listrik.
Bagaimana seru bukan? belajar sambil berkarya🙌

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *