February 28, 2024

Senin (9/11/2017), Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menandatangani nota kesepakatan bersama (MOU) dengan Dinas Lingkungan Hidup Bantul. Penandatanganan dilakukan oleh KaProdi TL UP45, M. Noviansyah Aridito, S.Pd., M.Sc. dan Kepala DLH Bantul, Drs.Masharun, M.M., di Gedung DLH Bantul. Dalam kunjungannya ke DLH Bantul, KaProdi TL UP45 didampingi sejumlah dosen TL diantaranya Habib A. Nurusman, ST., M.Sc, M.Eng., Heni Dwi Kurniasari, S.T., M.Eng., dan perwakilan dari PSEL UP45 diantaranya Wira Widyawidura, S.Si.,M.Eng. sebagai direktur PSEL, serta Ir. Bledug Kusuma Prasaja, M.T. sebagai anggota PSEL. Pada penandatanganan MOU juga dihadiri Kasi Persampahan DLH Bantul Dwi Kusmargono, S.T., M.T., sebagai fasilitator terselenggaranya MOU ini dan Nike Triwahyuni, M.P., sebagai perwakilan JPSM Kabupaten Bantul di wilayah Pendowoharjo serta sebagai praktisi bangsampah.

Dalam pertemuan tersebut, Masharun menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Bantul melalui 19 program kerjasama. DLH Bantul berkomitmen, salah satunya, untuk memberikan kerjasama dibidang tridarma perguruan tinggi bagi mahasiswa dan dosen asal UP45 yang dapat diterima di DLH Bantul. Komitmen ini diharapkan dapat mendukung program-program lingkungan yang telah dijalankan Kabupaten Bantul selama ini.

Masharun menyambut baik kunjungan Prodi TL UP45 ini. Menurut M. Noviansyah Aridito, pendidikan perlu memegang peran penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Beliau berharap, baik TL UP45 maupun Pemkab Bantul dapat saling mendukung dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Lebih lanjut, Masharun menyebutkan bahwa komitmen Pemkab Bantul di bidang lingkungan antara lain dilakukan dengan pengembangan secara terus menerus depo samapah di beberapa kecamatan, perbaikan 3500 unit ruah tidak layak huni dengan adanya program RISNTA (Rumah Instan Sehat), dan lain-lain. Selanjutnya komitmen di bidang pendidikan Pemkab Bantul kerjasama dengan universitas dalam tridarma perguruan tinggi salah satunya dengan pengembangan dibidang pengabdian kepada masyarakat yaitu kegiatan KKN dan KKL untuk mendukung program Bantul menuju Adipura 2018.

Terkait kerja sama dengan TL UP45, DLH Bantul memiliki 19 program dibidang lingkungan khususnya pengelolaan sampah dalam kurun waktu 3 tahun dimulai sejak 9 November 2017. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kabupaten Bantul dan peningkatan pendidikan di bidang lingkungan. SDM terdidik tersebut nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi Kabupaten Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *