Inovasi Produk Pengelolaan Sampah

View this post on Instagram

INOVASI PRODUK PENGELOLAAN SAMPAH Produk ini diinovasi oleh prodi Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Tujuannya, untuk menyadarkan masyarakat Indonesia ; pentingnya mendaur ulang kembali sampahnya, sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan di seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa konsep atau inovasi yang di lakukan, yaitu ; pengelolaan sampah limbah dan biomassa dengan memanfaatkan Gas Pirolisnya dan produk dari Pirolis. Sampah biomassa terbagi ada dua macam, yakni Bioarang dan Bioliquid Smoke. Semua limbah biomassa bisa dikonversikan menjadi Bioarang (Biochar) dan asap cair (Bioliquid Smoke). Manfaat biochar sebagai pembenah tanah, terletak pada dua sifat utamanya, yaitu mempunyai afinitas tinggi terhadap hara dan persisten dalam tanah. Sedangkan, asap cair dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, disinfektan, pengusir hama, hingga menjadi penyubur tanah dan pupuk. Dalam implementasinya, penggunaan Bioarang (Biochar) ini sebagai berikut ; Pertama, Media tanam (pupuk); Kedua, Penjernih air; Ketiga, Penyerap bau. Bahkan, di negara Turki, Biochar dapat dipakai untuk menjadi bricket, sebagai penggangi batu bara. Salah satunya bisa di konversikan untuk pembanggit listrik. Lebih lanjut, dalam implementasinya, asap cair bisa digunakan sebagai bahan pengawet ikan, tahu, bakso atau daging, guna menjaga kadar protein dan lemak pada daging. Gimana, asyik kan jadi Mahasiswa Teknik Lingkungan di Universitas Proklamasi 45?

A post shared by Pengembangan Ekosistem UP45 (@tatakawasanup45) on

INOVASI PRODUK PENGELOLAAN SAMPAH

Produk ini diinovasi oleh prodi Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Tujuannya, untuk menyadarkan masyarakat Indonesia ; pentingnya mendaur ulang kembali sampahnya, sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan di seluruh wilayah Indonesia.

Ada beberapa konsep atau inovasi yang di lakukan, yaitu ; pengelolaan sampah limbah dan biomassa dengan memanfaatkan Gas Pirolisnya dan produk dari Pirolis. Sampah biomassa terbagi ada dua macam, yakni Bioarang dan Bioliquid Smoke.
Semua limbah biomassa bisa dikonversikan menjadi Bioarang (Biochar) dan asap cair (Bioliquid Smoke).

Manfaat biochar sebagai pembenah tanah, terletak pada dua sifat utamanya, yaitu mempunyai afinitas tinggi terhadap hara dan persisten dalam tanah. Sedangkan, asap cair dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, disinfektan, pengusir hama, hingga menjadi penyubur tanah dan pupuk.

Dalam implementasinya, penggunaan Bioarang (Biochar) ini sebagai berikut ; Pertama, Media tanam (pupuk); Kedua, Penjernih air; Ketiga, Penyerap bau. Bahkan, di negara Turki, Biochar dapat dipakai untuk menjadi bricket, sebagai penggangi batu bara. Salah satunya bisa di konversikan untuk pembanggit listrik.

Lebih lanjut, dalam implementasinya, asap cair bisa digunakan sebagai bahan pengawet ikan, tahu, bakso atau daging, guna menjaga kadar protein dan lemak pada daging.

Gimana, asyik kan jadi Mahasiswa Teknik Lingkungan di Universitas Proklamasi 45?